Friday, February 4, 2011

Meningkatkan Disiplin Diri Dalam Berbisnis Internet

Disiplin diri memang merupakan salah satu kendala besar dalam berbisnis internet karena tidak semua orang bisa bekerja tanpa diawasi. Inilah yang juga menyebabkan tidak semua orang bisa sukses dalam dunia bisnis internet dan lebih cocok melakukan pekerjaan-pekerjaan konvensional di dunia nyata. Orang-orang masih golongan tersebut mungkin harus lulus dulu pelajaran mengenai change DNA dari Rhenald Kasali, supaya bisa merubah kebiasaannya demi menuruti tuntutan netpreneurship, hehehe. Tapi mampu bekerja secara mandiri pun terkadang belum cukup karena bisa jadi apa yang dikerjakan tidak optimal. Ribet yah :)

Definisi hasil yang optimal pun bagi setiap orang berbeda-beda. Tergantung situasi, kondisi, dan kepribadian masing-masing. Tapi pada dasarnya, hasil optimal adalah hasil yang sesuai dengan target rasional yang telah kita tetapkan.

Perhatikan kata kuncinya, target rational atau target yang masuk akal. Kenapa perlu ditekankan? Karena ketika Anda berkondisi sebagai pengangguran dengan koneksi internet yang tak terbatas, dan target Anda adalah menulis SATU artikel 200 kata per hari, maka itu adalah target yang tidak masuk akal alias kebangetan. Sebaliknya, jika Anda bekerja nine to five, sudah berkeluarga dengan dua orang anak yang masih balita, maka target menulis 20 artikel per hari juga bukan keputusan yang cerdas.

Nah, jika target sudah Anda tentukan, maka beberapa tindakan berikut ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan disiplin diri dalam mencapai target tersebut:

  1. Uraikan target dalam bentuk sub-kegiatan. Catat di tempat yang dekat dengan 'ruang kerja' Anda dan jelas terlihat. Anda bisa menulisnya di kertas dan kemudian ditempelkan di tembok, atau dengan menggunakan white board atau black board.
  2. Jangan membuat jadwal terlalu jauh ke depan karena seringkali justru akan membuat kita malas untuk mengerjakan. Yang ideal adalah untuk satu dua hari ke depan saja.
  3. Tentukan dengan jelas kapan jadwal setiap kegiatan harus dilaksanakan. Apakah pagi, siang, atau malam. Kalau perlu, tentukan hingga detil ke jam-jam-nya.
  4. Jangan melakukan kegiatan lain sebelum semua jadwal kegiatan terlaksana. Termasuk di antaranya mengecek email, chatting, maen Farmville, ngincer pertamax di Kaskus, dan ngumpulin poin di CosaAranda.Com :)
  5. Yang terakhir, sekaligus yang paling sulit untuk dilakukan, berikan hukuman pada diri Anda apabila ada target atau jadwal kegiatan yang meleset. Istilah kerennya, self punishment. Cara ini efektif, tapi tidak mudah untuk dilakukan. Tidak perlu hukuman yang aneh-aneh seperti makan beling dan nginjek api, cukup yang sederhana aja tapi membuat Anda terpacu untuk lebih berdisiplin. Makan cuman pake kecap dan garam misalnya.
Selamat mencoba :)

0 comments:

Post a Comment